Friday, August 17, 2012

Syirik


1.   Syirik.
Syirik adalah perbuatan menyekutukan Allah SWT dengan sesuatu selain Allah. Orang yang melakukan perbuatan syirik disebut musyrik  (kalau banyak disebut musyrikin) yaitu orang -orang yang percaya kepada Allah tetapi dia juga percaya kepada selain Allah, dia minta pertolongan kepada Allah, tetapi dia juga minta pertolongan kepada selain Allah dan sebagainya.

Perbuatan syirik adalah perbuatan bodoh, sia-sia, tidak masuk akal, dan sangat bertentangan  dengan ajaran agama. Oleh karena itu Allah sangat mengutuk perbuatan syirik tersebut sebab pada dasarnya perbuatan syirik itu adalah perbuatan yang sangat merendahkan Allah SWT dan siapa yang melakukannya tidak mendapat ampunan Allah.

2.   Cara Menjauhi Perbautan Syirik
Manusia yang menyembah benda-benda mati seperti berhala,kuburan,pohon besar,matahari,batu-batuan,benda-benda pusaka,jimat,dan lain-lain. Perbuatan manusia seperti itu tidak menggunakan akal pikiran yang telah diberikan oleh Allah. Benda-benda tersebut jelas tidak mungkin dapat membeerikan pertolongan kepada manusia dan sebagainya. begitu juga makhluk hidup seperti manusia, binatang ternak tertentu, makhluk halus seperti jin, iblis dan yang sejenisnya aalah makhluk Allah yang tidak pantas untuk disembah dan disamakan dengan Allah SWT. 

Adapun cara menjauhi perbuatan syirik antara lain adalah sebagai berikut:
  • Senantiasa mengingat dan menyakini kebesaran dan kekuasaan Allah SWT yang telah menciptakan langit dan bumi beserta isinya dengan sempurna.
  • Senantiasa mengingat dan menyakini bahwa Allah SWT telah menciptakan jin dan manusia tidak lain hanya untuk menyembah/beribadah kepadaNya
  • Senantiasa menggunakan akal pikiran yang sehat bahwa benda-benda mati atau makhluk hidup adalah ciptaan Allah, jadi menyembah kepada sesama makhluk Allah adalah perbuatan yang menyekutukan Allah dan sekaligus merendahkan Allah.
  • Meyakini bahwa agama islam adalah agama yang paling sempurna dan dijamin serta terpelihara kesempurnaannya itu oleh Allah. Dengan demikian untuk membentengi dari jebakan-jebakan syetan yang mengarah kepada perbuatan syirik itu maka ajaran islam harus selalu dipelajari, dipahami, diyakini dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari..
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment