Friday, August 17, 2012

Cendekiawan Muslim Bidang Ilmu Pengetahuan

1.     Al Farabi
Al farabi adalah tokoh cendekiawan muslim di bidang fisika dan filsafat. karya-karya tulis beliau sangat bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi canggih saat ini, sehingga buku-bukunya banyak diterjemahkan kedalam berbagai bahasa di seluruh penjuru dunia.
Al farabi nama lengkapnya adalah abu Nars Muhammad Al Farabi. Lahir di Wasij, salah satu desa di Farab, (Transoxania) pada tahun 870M.Ia berasal dari Turki dan tinggal selama 20 tahun di Bagdad (Irak), dalam rangka menuntut dan sekaligus mengembangkan ilmu pengetahuannya. Pada tahun 950M beliau wafat dalam usia 80 tahun.

2.      Ibnu Sina
Ibnu sina yang nama lengkapnya Abu Ali Husain bin Abdullah Ibnu Sina dilahirkan di suatu daerah dekat Bukhara yaitu Afahan pada tahun 980M. Ssarjana-sarjana barat menyebutnya "Avicena". Beliau adalah sarjana muslim yang ahli di bidang ilmu biologi, kedokteran dan filsafat.
Pada usia 20 tahun dia telah menulis sebuah esiklopedi tentang ilmu kedoteran yang dikenal dengan nama The Canon. Buku-buku lain yang ditulisnya adalah : Any Syifa, An Najat, Al Qanun. Dalam bahasa inggrisnya disebut Canon of Medicine.
Buku ini sampai akhir abad ke 17 dipakai sebagai standar oleh universitas-universitas di Eropa.
Ibnu sina wafat pada tahun 1037 namun walaupun beliau telah tiada, kehebatan dan keharuman namanya masih menggema sampai saat ini.

3.     Al Biruni (973-1048)
Dia adalah seorang cendekiawan muslim yang meletakkan dasar-dasar ilmu perbintangan modern dan terbesar disepanjang sejarah.
Dia telah menentukan dengan teliti garis lintang dan garis bujur dan membicarakan kemungkinan bumi berputar pada sumbunya. Diselidiki pula olehnya kecepatan yang tak terhingga dari suara dan cahaya. dia tidak membatasi diri pada ilmu pasti dan ilmu perbintangan tapi juga berhasil menentukan berat jenis 18 batu permata, logam dan lain sebagainya.
Dari gambaran singkat diatas, jelaslah bagi kita bahwa para cendikiawan muslim dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi telah memberikan warisan yang tak ternilai harganya bagi kehidupan manusia modern sampai sekarang dan terus berkembang sampai akhir zaman.
Namun demikian saut hal yang perlu diingat bahwa ilmu pengetahuan dan tenologi hendaklah dijadikan suatu mementum atau kesempatan untuk mempertebal keyakinan dan keimanan kita tentang kebesaran Allah SWT.


1 comment: