Friday, August 17, 2012

RIDDAH

1.  Pengertian Riddah
Riddah artinya keluar dari agama (kembali kekufuran). Orang yang semula telah memeluk agama islam dan kemudian ia keluar dari agama Islam orang yang demikian disebut murtad. Sebab-sebab orang menjadi murtad adalah karena dua faktor: Pertama , faktor dari dalam dirinya dan kedua , faktor dari luar dirinya.

Faktor dari dalam dirinya yaitu yang bersangkutan tidak berusaha memupuk keimanannya kepada Allah SWT dengan baik, sehingga perbuatannya cenderung mengarah kepada hal-hal yang dilarang Allah dan mengabaikan hal-hal yang telah diperintah Allah SWT. Dengan demikian lambat laun imannya semakin menipis dan pudar. Dalam keadaan seperti ini orang tersebut mudah tergoda oleh bujukan syetan dan iblis, yang pada akhirnya dia mudah meninggalkan / keluar dari agama islam.

Faktor dari luar dirinya yaitu keluarnya seseorang dari agamanya disebabkan karena pengaruh-pengaruh yang datang dari luar dirinya misalnya karena perkawinannya dengan orang non muslim, harta benda, kedudukan, teman sepergaulan yang buruk akhlak dan lain-lain.

2.   Cara Menjauhi Perbuatan Riddah
Perbuatan riddah sangat dikutuk oleh Allah SWT. Oleh karena itu kita harus berusaha menghindarinya. Adapun cara menghindarkan diri dari perbuatan riddah itu antara lain adalah :
  • Yakinilah bahwa agama yang paling benar dan diridhai Allah aalah agama Islam
  • Pelajarilah agama Islam dengan sebaik-baiknya, kemudian hayati, yakini dan amalkan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Hindarkan diri dari pergaulan dengan orang atau teman yang berakhlak buruk yang suka mabuk-mabukkan mengganggu orang, suka berkelahi dan perbuatan-perbuatan tercela lainnya.
  • Senatiasa memupuk keimanan dan keislaman kita dengan jalan banyak berbuat kebaikan terhadap sesama, taat menjalankan ibadah (khususnya shalat lima waktu) dan ibadah-ibadah lainnya.
  • Hindari mengunjungi tempat-tempat yang berbau maksiat dan tempat-tempat tercela lainnya seperti diskotik, night club (klub malam) dan yang sejenisnya
Masih banyak cara lain untuk emnghindari diri dari bahaya murtad tetapi yang lebih penting disini adalah bagaimana kita memperkuat keimanan dan keislaman kita.
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment